10 paradoxes of creative people

•December 16, 2009 • Leave a Comment

1. Creative people have a great deal of physical energy, but they’re also often quiet and at rest.

Dalam paradox pertama ini dimaksudkan bahwa orang yg kreatif memang memiliki banyak energi fisik, itu dikarenakan biasanya orang yang kreaitf itu hyperaktif selain hyperaktif dari segi otak ato pemikiran, juga hyperaktif dari segi kelakuan. Tetapi mereka juga pasti akan beristirahat.

2. Creative people tend to be smart yet naive at the same time.

Orang2 yg kreatif cenderung dibilang bahwa dia adalah org yg pintar dan naif pada saat yg bersamaan. Maksudnya, saat dia mencetuskan suatu ide dapat mengakibatkan orang kagum atau bahkan mengakibatkan orang menghujatnya.

3. Creative people combine playfulness and discipline, or responsibility and irresponsibility.

Seorang yg kreatif bukan hanya pintar dalam menciptakan sebuah ide cemerlang, tp dia juga mampu untuk menggabungkan antara sesuatu yg menyenangkan dengan sesuatu yg harus dipatuhi seperti aturan2 yg berlaku.. dan bahkan dia mampu menggabungkan tanggung jawabnya dan ketidaktanggungjawabannya.. intinya orang kreatif adalah org yg berhasil menempatkan dirinya dalam situasi apapun (flexibel)..

4. Creative people alternate between imagination and fantasy, and a rooted sense of reality.

Orang yang kreatif adalah orang yg dapat memunculkan idenya dari sesuatu yg tidak ada atau dari khayalan semata.

5. Creative people trend to be both extroverted and introverted

Orang yang kreatif ada saatnya dia menjadi introvert dan extrovert.. Saat dia baru menemukan sebuah ide, dibutuhkan sifat introvert agar ide2nya tdk dijiplaknya oleh orang lain dan untuk memikirkan idenya secara matang.. setelah matang, barulah dibutuhkan sifat extrovert dimana dia harus mengemukakan kepada org lain ttg idenya tersebut agar bisa diimplementasikan..

6. Creative people are humble and proud at the same time.

Orang kreatif biasanya ramah dan tidak ragu2 untuk mengeluarkan idenya untuk membantu orang lain.. dan saat melihat org lain senang krn ide kreatifnya, saat itulah dia patut merasa bangga atas idenya, maupun dalam hal sepele..

7. Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping.

Seorg yg kratif tidak pernah memikirkan masalah ras, gender, agama, warna kulit, atau hal demografi lainnya.. Oleh karena itu dia adalah org yg bebas dan flexible.

8. Creative people are both rebellious and conservative

Org kreatif sering memberontak demi ide2nya terwujud tetapi dibalik itu, dia bisa menjd seorg yg konservatif untuk mempertahankan ide2 dan prinsip2nya..

9. Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well.

Kebanyakan orang-orang kreatif sangat bersemangat tentang pekerjaan mereka, namun mereka dapat sangat objektif tentang itu juga. Dia bisa menjd seorg yg ambisi dalam mewujudkan ide2nya dan bahkan bisa mencapai titik egoismenya..

10. Creative people’s openness and sensitivity often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment

Biasanya, orang-orang yang kreatif, secara langsung ataupun tidak, dituntut untuk menciptakan ide-ide segar, yang lain daripada yang lain, yang berebda dengan yang sudah ada. Selain tuntutan tersebut, mereka jug membutuhkan usaha, waktu, dan tenaga yang besar dalam menciptakan hal-hal yang kreatif. Hal ini terlihat seperti sebuat penyiksaan bagi mereka. Walupun mungkin mereka merasakan tekanan-tekanan dalam prose’s tersebut, namun sebetulnya di balik semua itu mereka juga merasakan kenikmatan dan kebahagiaan yang sangat besar terhadap karya dan usaha mereka, apalagi jika hasil yang mereka ciptakan dapat disukai dan dimanfaatkan oleh orang banyak

Advertisements

Kenapa Harus Kreatif.. Orang Terkreatif.. Dan Perusahaan Terkreatif..

•October 20, 2009 • Leave a Comment

Kreatif..  Terkreatif..

Mulai pusing gw sama kata2 kreatif.. tp apa boleh buat.. tetap lanjut..

Kreatifitas itu penting.. (mulai dah kekreatifitasan gw ilang)

Kenapa kreatif penting?? gw bakal bikin sebuah perumpamaan tentang orang tanpa kreatifitas itu laksana dunia tanpa warna.. semua akan hambar, g ad rasanya, dan paling membetekan semuanya sama.. klo menurut gw perbedaan masing2 insan manusia itu dilihat dari kekreatifitasannya.. jadi kreatifitas itu penting buat bikin dunia yang indah dan penuh dengan warna..

Orang Terkreatif Versi gw

Lanjut berikutnya tentang orang terkreatif.. dikarenakan gw bingung buat menilai kreatifitas yang begitu relatif.. gw mencoba googling dan ngaskus + ngobrol ma joni + yulia yang lagi ad dirumah gw.

Akhirnya gw temukan orang yang menurut gw IMBA.. dy itu fotografer yang memiliki visi yang bagus menurut gw yaitu merekayasa suatu adegan demi fotografi dan tampilan yang sempurna. Dia mahir menciptakan ilusi tentang kenyataaan yang berbahaya. Seniman foto ini memanfaatkan banyak trik akrobatik. Namun si artis juga mengaku terkadang dia benar-benar memang dalam bahaya. Pria berumur 37 tahun ini bernama Li Wei. Mungkin buat info lengkap bisa diliat d http://www.liweiart.com. berikut gw tampilin beberapa karya dy yg gw suka banget. Dan 1 hal yang penting, Li Wei Menjamin bahwa karyanya ini bukan Photo Shop / editan, semua trik kamera

Fitnes Ekor Akh..


Anak Gw Mana Yah?


Papa Jangan Tinggalkan Aku

Maling Jangan Kabur Lo!!

Perusahaan Terkreatif

Berlanjut ke tugas terakhir dan penutup perjumpaan kita, plis jangan pada sedih, gw ajah seneng karena brarti saatnya DOTA.. yak langsung saja menurut gw perusahaan terkreatif itu adalah Google.. yah emg g bs dipungkiri lagi sih seluruh dunia mengakuinya.. alasan gw milih google itu karena apapun yg gw lakuin di internet pasti berawal dari google. bahkan sampe ada agama yang nyembah google cuman karena alesan google bisa menjawab semua pertanyaan.. goblok memang.. dan cukup sekian mudah2an A

IDEO

•October 20, 2009 • Leave a Comment

IDEO?? Apa itu IDEO?? gw juga pusing IDEO apaan.. jadi langsung ajah gw googling dan dengan bakat googling gw itu diketahui bahwa IDEO adalah sebuah perusahaan ini adalah konsultan design dengan taglinenya “we are a global design consultancy. we create impact through design.” jadi intinya di IDEO itu banyak innovator innovator unggul dan gw mungkin akan bahas tentang innovator dan beberapa cara IDEO dapat tetap memproduksi barang kreatif.

Innovator-innovator terbaik tidak hanya jenius, Mereka mampu menggunakan ide ide yang dianggap biasa dalam suatu konteks dan mengaplikasikan ide tersebut dengan cara yang tidak biasa dalam konteks yang berbeda. Perusahaan perusahaan terbaik umumnya mampu dan telah mempelajari cara menjadikan proses tersebut menjadi suatu sistim.

Pada umumnyaperusahaan perusahaan inovatif secara sistematis menggunakan ide ide lama sebagai bahan awal untuk dikembangkan menjadi ide ide baru yang selalu berlandaskan dari ide ide sebelumnya. Strategi ini disebut sebagai “Knowledge Brokering“.

Lalu gw bakal jelasin 4 tahap “Knowledge Brokering“:

1. Proses ‘Menangkap’ Ide Ide Bisnis Unggul.

Langkah pertama dalam proses ini adalah memasukkan ide ide yang dianggap menjanjikan. Perusahaan perusahaan yang berinovasi dengan strategi ‘Knowledge Brokering’ biasanya memiliki cakupan lebih dari satu market, industri, lokasi atau unit bisnis. Mereka selalu melihat berbagai macam teknologi, produk, praktis bisnis dan model bisnis dan mereka mengenali ide ide lama tersebut adalah sumber utama untuk ide ide baru meskipun mereka masih belum yakin bagaimana ide ide lama tersebut akan membantu mereka di masa depan. Saat para broker ini menemukan ide ide yang menjanjikan, mereka bukan anya menyimpan ide ide tersebut dalam file, mereka menggunakan pikiran mereka untuk bermain dan bila mungkin dicoba untuk implementasi dengan tujuan untuk mempelajari bagaimana hasil implementasinya dan menemukan hal hal apa yang bagus dan buruk dari implementasi ide ide tersebut serta menggunakan penemuan tersebut untuk mulai berfantasi akan cara cara baru untuk menggunakan ide tersebut.

2. Menjaga ide ide tetap ‘hidup’.

Cara kedua ini sangat penting karena ide ide tidak bisa digunakan apabila merekaterlupakan. Para ahli psikologi kognitif telah menunjukkan bahwa hambatan terbesar dalam memecahkan masalah seringkali adalah ketidak pedulian; bahwa orang orang tidak bisa memfokuskan pikiran mereka pada informasi informasi penting pada waktu yang tepat, bahkan setelah mereka mempelajarinya. Memori/Daya ingat organisasi bahkan lebih susah untuk dipertahankan. Perusahaan perusahaan sering kehilangan berbagai hal yang mereka pelajari sewaktu staff mereka meninggalkan perusahaan tersebut. Jarak geografis, pertikaian politis dan sistim insentif yang buruk dapat menghalangi penyebaran ide ide.

3. Menggunakan Imajinasi Untuk Menemukan Kegunaan Kegunaan Baru untuk Ide Ide Lama

Langkah ketiga dalam siklus ini muncul waktu individu mengenali kegunaan kegunaan baru untuk ide ide yang telah mereka tangkap dan jaga supaya tetap hidup’. Seringkali aplikasi aplikasi yang ditemukan ternyata sangat mudah. Waktu para penemu tim Edison mengembangkan bola lampu, bola lampu tersebut terus menerus jatuh dari tatanan. Suatu hari, seorang teknisi membayangkan apabila sebuah penutup beralur dapat diputar serapat mungkin dalam sebuah botol sehingga dapat menahan bola lampu tersebut dari lubangnya. Setelah beberapa percobaan ternyata berhasil, dan ini nantinya akan menjadi cikal bakal desain bola lampu yang sekarang ada. Ide ide lama dapat menjadi solusi ampuh untuk masalah masalah baru apabila para ‘broker’ memiliki ketrampilan untuk melihat analogi analogi sedemikian rupa

4. Membawa Konsep Konsep yang Potensial Dalam Proses Uji Coba

Sebuah ide saja untuk produk baru atau bisnis yang baru meskipun sebagus apapun tidak akan menjadi berharga kalau tidak diwujudkan dalam suatu bentuk yang dapat di uji coba dan jika berhasil dapat langsung dilakukan, dijual atau diciptakan oleh perusahaan. Secara cepat mengubah ide ide imajinatif menjadi servis, produk dan proses yang riil adalah langkah terakhir dalam Knowledge Brokering Cycle. Yang dimaksud dengan ‘riil’ adalah cukup konkrit untuk diuji coba, sedangkan yang dimaksud dengan secara ‘cepat’ adalah secepat mungkin supaya kesalahan kesalahan yang ditemukan saat masa uji coba dapat segera diperbaiki. ‘Ukuran sukses yang sebenarnya’ menudur Edison adalah ‘Jumlah eksperimen eksperimen yang bisa dipadatkan dalam 24 jam’

Disadur dari ‘Building an Innovation Factory-Andrew Hargadon and Robert L. Sutton’

Inovasi Paling Hebat [BB17++]

•October 20, 2009 • Leave a Comment

Dan Kami ciptakan segala sesuatu berpasangan-pasangan supaya kamu mendapatkan pengajaran”. (Ad Dzariyat 51 : 49)

Mungkin sebagian besar bingung kenapa awal – awal blog udah bawa2 Al Qur’an segala dan judulnya BB17. Sekarang akan dijelaskan sesuatu penemuan paling inovatif yang didasari Al-Qur’an dan terjadi banyak perbuatan tercela karena beberapa pemikiran orang orang terkutuk.

Udah cukup IMBA kyknya tulisan gw di atas.. sekarang back to topic

Inovasi Paling Hebat di dunia, banyak temen2 gw nulis sesuatu yg berteknologi tinggi yang klo gw baca gw pusing dan pengen tidur.. sekarang gw juga mau nulis yang menurut gw inovasi yang hebat dan g bkin pusing, masalah pas dibaca mau tidur apa engga itu tergantung otak masing2.. hahaha

Inovasi itu ada sesuatu benda dimana benda itu dapat mencegah sesuatu penyakit yang sangat mematikan, tetapi sayangnya banyak terjadi penyalahgunaan dikarenakan perbedaan visi dan misi antara pencipta dan pemakainya, benda ini berbentuk lonjong, terbuat dari karet, dan elastis. Benda super inovatif itu tidak lain dan tidak bukan adalah “KONDOM“.

Jenis Jenis Kondom

Kenapa menurut gw itu inofatif? berikut akan dijelaskan 13 alasan penggunaan kondom yang gw kutip dari kaskus dan akan gw jelasin menurut gw siapa pencetus alasan itu :

  1. Perlindungan diri. Bila dipakai dengan benar dan konsisten melindungi diri dari penyakit menular seksual dan HIV (ini alasan pasti kenapa ad kondom)
  2. Keluarga Berencana. Salah satu pilihan yang aman terpercaya untuk mencegah kehamilan apalagi zaman sekarang Indonesia sedang mengalami baby booming. perencanaan keluarga berencana perlu digalakkan lagi. (ini alasan lain selain alasan pasti di atas)
  3. Sangat paktis. Mudah dibawa. (ini alasan orang2 yang suka berkelana mencari cinta)
  4. Semua orang bisa pakai dan tidak ada efek samping. (ini alasan apoteker selalu mikirin efek samping)
  5. Mudah Digunakan. Di tiap kemasan ada petunjuk pemakaiannya. (ini alasan orang mabok soalnya jalan ajah udah susah)
  6. Menyenangkan. Pemakaian kondom bisa jadi bagian dari foreplay. (ini alasan buat maniak kyknya)
  7. Dapat diandalkan. Setiap potong kondom harus lulus uji elektronis dan memenuhi Standar Mutu Internasional, ISO 4074. (ini alasan orang perfeksionis)
  8. Aman. Kondom lateks tidak bepori seperti sudah dibuktikan dalam penelitian di laboratorium. Dapat mencegah pertukaran cairan tubuh. Anda tak perlu khawatir akan bocor. (ini alasan pengamat kondom)
  9. Seksi. Bisa tahan lama, sehingga dapat meningkatkan kepuasan dalam bercinta (ini alasan cewe maniak kyknya, atau engga alasan gay)
  10. Terjangkau karena harganya murah. (ini alasan pemerkosa kayaknya, mau enaknya g mau modalnya)
  11. Berpelicin. (ini alasan apa yah?? g ngerti dah)
  12. Banyak Pilihan. Ada berbagai bentuk, ukuran dan aroma kondom yang bisa digunakan. (ini alasan orang aneh)
  13. Bisa di isi air trus buat mainan. (ini alasan Bram, hahahahah maaf bram)

jadi dapat disimpulkan apapun orangnya, pilihan produknya tetep kondom..

Arti Nama Hanif.. no Hoax

•October 20, 2009 • Leave a Comment

Hanif atau dalam bahasa arab ditulis ﺤﺎﻧﻴﻒ yang dapat diartikan secara harfiah “Lurus / Percaya”. Nama Hanif juga banyak ditemukan di dalam Alqur’an seperti dalam surat Al – Baqarah ayat 135 yang artinya Dan meminta muslim untuk tidak menjadi yahudi maupun Kristen tetapi menjadi kaum “hanif”.” Begitu indahnya nama hanif ini khan??

Sekarang, kita akan membahas nama Hanif dari segi kreatifitas, sebelumnya kita uraiakan Hanif menjadi 5 huruf berbeda yaitu H, A, N, I, F, sekarang saya akan membahasnya perhuruf secara berurutan ;

  • “H” adalah huruf ke 8 pada alphabet yang melambangkan pertentangan, banyak hal bertolak belakang yang diawali dengan huruf H, seperti Halal(boleh) dan Haram(tidak Boleh) , Hina(rendah) dan Holy(suci), Hanif(cowo) dan Hanifa(cewe) jadi huruf H dapat diartikan sebagai sesuatu yang bertolak belakang.
  • “A” adalah huruf pertama di alphabet sehingga A melambangkan pemimpin, contohnya presiden Indonesia, semua presiden Indonesia namanya diawali dengan huruf A, seperti Aa’ Kano(Pak Soekarno), Aa’ Ato (Pak Soeharto), Aa’ Bibie (Pak Habibie), Aa’ Dur (Pak Gusdur), Aa’ Ega (Pak Megawan), lalu yang terakhir Aa’ BY (Pak SBY) jadi terbukti khan A adalah pemimpin??
  • “N” adalah huruf ke 14 pada alphabet yang melambangkan keindahan, sebagai contoh kita ambil beberapa nama yang di awali dengan huruf N yang menurut saya sangat indah, seperti Nia Ramadhani, Nikita Willy, Neng Jupe, Neng Luna, Nevita Pearce *Kata Albi ini indah soalnya masuk bluefame*, dan yang paling indah adalah NIYABI. Kenapa dia g jadi dateng yah? pasti dilarang ulama indonesia karena dia artis bokep. Tapi tiba – tiba terbesit di otak gw, kok ulama tau artis bokep yah?? apa tuh maknanya?? yak lanjut dulu udah dulu gosipnya.
  • “I” adalah huruf ke 9 pada alphabet yang melambangkan ketidak tentraman seperti, India(Negara banyak bokep + kerusuhan), Indonesia(Deskripsikan sendiri), Inex(Obat yang membuat bahagia*katanya* yang berefek samping membuat pemakainya menjadi tidak tentram atau biasa disebut paranoid), Irex(Obat yang membuat jomblo jomblo merasa tidak tentram jika diminum)
  • “F” adalah huruf ke 6 pada alphabet yang melambangkan kejahatan / perbuatan setan, angka 6 itu sendiri terkenal dengan angka setan dengan berbagai alasan. Beberapa perbuatan setan diawali dengan huruf ini seperti Fitnah, Fucking(Dibaca: eM eL), Fembunuhan, Femerkosaan, Fencurian, Ferselingkuhan, dan masih banyak yang lainnya yang tidak bisa disebutkan.

Jadi Hanif itu bisa diartikan sebagai seorang insan manusia yang memiliki pertentangan(H) didalam hatinya dan apabila dia memimpin(A) sesuatu dia akan mendatangkan keindahan(N) dan menghilangkan ketidak tentraman(I) sehingga semua kejahatan dan perbuatan setan(F) bisa dihilangkan. GOKIL DAN KREATIF KHANN??!!

ﺤﺎﻧﻴﻒ

Malam Pertama

•August 19, 2009 • 10 Comments

Rabu, 19 Agustus 2009

Munculah seorang berambut sebahu, mengenakan kacamata dan terlihat amat elegant. Dia mengetuk sebuah kamar yang tertutup rapat terletak di pinggiran dago wilayah dago simpang, tepatnya sangkuriang 47c. “tok tok tok” terdengar suara tabrakan antara pintu dengan jari. “masuk tot” dari dalam ada sahutan terdengar. lalu terjadilah beberapa percakapan ringan.

Si rambut sebahu : “euy lur apa akabr?”

Si Besar di dalam kamar : “Brisik sia anjing.. aink talapung sia!”

Tapi ternyata di balik itu ada 1 orang yang sangat gembira kedatangan tamu. Sebut saja Hanif. Dia menyambut hangat pria berambut sebahu itu dan berkata “Fad, ajarin aink bikin blog donk.. please..” akhirnya setelah percekcokan antara si H dan Ifad(pria berambut sebahu) yang selama ini pacarnya juga rambutnya sebahu terus. Terbentuklah Blog ini, banyak hal terjadi saat pembuatan blog ini. antara lain:

1. Menentukan Domain

Menentukan Domain adalah hal mudah, tapi karena gw disuruh bikin blog sama dosen CI (Creative and Innovation) jadi gw harus sok kreatif gitu.. awal2 tercetuslah ide domain yaitu “waktukecildigagahitante.wordpress.com” tp mengingat takut di omelin dosen, gagal deh niat itu. Muncul ide baru dari temen gw yg bernama ifad yg bantuin gw bkin blog ini yaitu “abcdefghanif.wordpress.com” tp karena ad nama gwnya gw tolak juga.. khan takut  kalo ad orang iseng search nama gw di google trus ke bawa ke blog ini. hahahah. lalu teringat td waktu di kampus ngomongin nama kelompok yaitu “Bekicot Turbo” akhirnya gw memutuskan make nama bekicot2an ajah d.. berawal dari bekicot ngesot, ternyata ad yg udah pake.. jadi gagal.. temen gw yg sangat pintar ngasih usulan. dy blg “Gimana klo Bekicotngentot.wordpress.com?” lgsg gw makin pusing dengernya, autism dasar, jelas2 “waktukecildigagahitante” yg lebih sopan ajah gw masih mikir. trus akhirnya entah gmn ceritanya tersebutlah bekicotbacot tiba2 ad yg nambain ngesot trus temen gw nimbrung nambain digot.. jadilah jeng jeng jeng jeng.. “Bekicotbacotngesotdigot.wordpress.com”

2. Menentukan Judul Blog

Ini mungkin juga hal mudah, tapi karena gw bikin blog ini tanpa tujuan yang pasti (cuman disuruh dosen wajib punya blog) y udah gw g kepikiran sedikitpun ttg blog gw ini isinya.. akhirnya karena gw bingung gw asal tulis ajah kecebong.. trus ad yg nyeletuk bo’ong, trus g lama ad anjing gonggong dket rumah gw yah gw tulis ajah.. trus pas nengok ke arah tv ekh liat ad cerobong bolong.. jadilah “Kecebong bo’ong menggonggong di cerobong bolong” (sebelumnya diingatkan jika ad kesamaan nama disini itu hanya kebetulan)

3. New Post

Ini paling suram.. gw g ngerti nulis apa.. dan yg gw tau dan gw pernah baca di dunia ini cuman 2 jenis bacaan, pertama itu komik (bacaan sehari2 di kampus), lalu kedua itu stensil (bacaan sehari2 waktu gw smp) makannya gw bingung gw harus nulis apa.. dana gw bingung gaya tulisan yg baik seperti apa.. jadilah gw nulis seperti stensil ajah.. lagian gw percaya 1 SBM smua pasti udh pernah baca stensil.. haha

4. Publish

Ini jauh lebih suram.. sepertinya si cuman tgl pencet doank tuh tulisan Publish, tp gw rada2 takut + males.. kenapa males?? karena gw g yakin abis ini ad tulisan selanjutnya lagi.. haha.. lalu kenapa takut?? Karena gw takut ntar ad yg tersinggung ama tulisan gw dan mau bunuh gw.. hahahahahaha (maaf sar)